Antisipasi Kenaikan Harga Daging Sapi Menjelang Lebaran

3 Jul

Sebentar lagi bulan puasa tiba, kebutuhan akan daging sapi akan naik terutama saat munggahan atau satu hari sebelum puasa. Di kalangan umat muslim ada kebiasaan puasa hari pertama untuk makan saur selalu ada hidangan daging sapi. Maka diperkirakan harga daging sapi akan naik berkisar 5 – 10 ribu rupiah per kilinya. Bila Harga daging sapi di Jakarta dan sekitarnyai selama ini berkisar 90 – 95 ribu per kilo, maka harga akan menembus 100 ribu.

Berdasarkan pengalaman dari tahun sebelumnya, harga tersebut akan bertahan sampai seminggu sebelum lebaran tiba. Saat seminggu terahir bulan puasa, tiap hari akan terjadi kenaikan harga 2 – 5 ribu dan puncaknya saat dua hari menjelang lebaran, dan diperkirakan mengalami kenaikan berkisar 10 – 20% dari harga sebelum puasa.

Image

Mengapa harga daging sapi mengalami kenaikan cukup tinggi, pada hal satu tahun terahir harga daging mengalami kenaikan yang cukup siknifikan. Sebenarnya permintaan daging  untuk lebaran ini sudah di atisipasi pemerintah dengan menambah kuota import daging beku dan sapi potong dari Australia.

Penyebab utamanya kenaikan adalah: Kenaikan BBM,  Kenaikan permintaan saat lebaran cukup tinggi, pasok sapi lokal terbatas karena sebagia peternak menahan sapi untuk kebutuhan sapi qurban di hari Idul Adha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: