Mampukah Import Daging Sapi Menstabilkan Harga.

17 Jul

Pemerintah menugaskan Bulog untuk mengimport daging sapi beku dari Australia dengan tujuan untuk menstabilkan harga daging sapi di pasaran lokal. Seberapa besar pengaruh daging sapi import dalam mempengaruhi harga, mari kita lihat kondisi riil di pasaran.

1. Masyarakat sudah terbiasa mengkonsumsi daging sapi lokal dengan anggapan sebagai daging segar. Sedang daging import  dianggap  daging yang tdak segar atau daging beku, sehingga daging sapi lokal masih tetap jadi pilihan pertama.

2. Bagi pedagang daging di pasar tradisional, membeli daging sapi import memiliki resiko berkurangnya berat timbangan. Karena berdasarkan pengalaman daging sapi beku yang sudah mencair akan berkurang 1 – 2 ons/kg. Bila harga daging import dari bulog Rp 75.000./kg dikurangi susut 2 ons atau Rp 15.000. maka harga jual pedagang pasar lebih dari Rp 85.000. – Rp 90.000./kg. jadi beda tipis dengan daging lokal.

Pedagang Daging Sapi Lokal di Pasar Cisalak Depok.

Pedagang Daging Sapi Lokal di Pasar Cisalak Depok.

3. Import daging sapi hanya 3000 ton, sedangkan kebutuhan daging sapi untuk jabodetabek setara dengan 2000 ekor sapi atau 300 ton/hari. Jadi Daging import hanya mampu memasok kebutuhan selama 10 hari.  Sedang saat lebaran terjadi lonjakan permintaan yang cukup siknifikan.

Melihat beberapa kondisi riil tersebut dengan datangnya import daging sapi  mungkin sesaat harga daging sapi  akan sedikit turun, namun beberapa saat kemudian harga akan menggeliat kembali. Karena permasalahan terletak di pasokannya, dan bila kita membahas pasokan sapi potong ternyata cukup banyak permasalahannya.

Edy Wijayanto.

Praktisi Sapi potong 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: