Pengaruh Harga Daging Sapi Impor di Pasar Tradisional

24 Jul

Usaha pemerintah untuk menstabilkan harga daging sapi dengan mengimport daging beku dari Autralia dan Selandia Baru di pasaran Jabodetabek ternyata mampu menurunkan harga di pasar tradisional sebesar Rp 3.000 – Rp 8.000./kg nya. Penurunan ini disebabkan oleh beberapa hal:

1. Pengaruh phsykis dari impor daging sapi beku oleh Bulog, Bulog langsung menjual di pasar tradisional dengan harga -Rp 75.000 /kg. walaupun kualitas dagingnya sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan daging sapi lokal.

2. Perusahaan Pengemukan (Fitloter) yang ada di Lampung dan Jawa Barat mulai melepas stok sapi yang digemukkan empat bulan yang lalu.

Penjualan Daging Sapi Lokal di Pasar CIsalak Depok

Penjualan Daging Sapi Lokal di Pasar CIsalak Depok

3. Permintaan daging oleh pedagang bakso diawal sampai pertengahan puasa mengalami penurunan, karena berdasarkan pengalaman sebagian besar pedagang bakso mudik dan akan kembali berjualan 10 hari menjelang lebaran dan setelah lebaran. Tukang bakso adalah konsumen terbesar  daging sapi.

4. Kebutuhan masyarakat pada awal sampai pertengahan bulan puasa relatif mengalami sedikit kenaikan, namun satu minggu sebelum lebaran akan mengalami lonjakan permintaan terutama  untuk daging sapi paket lebaran.

Berdasarkan pengalaman beberapa tahun terahir, harga daging sapi akan mengalami kenaikan permintaan yang cukup siknifikan saat satu minggu menjelang lebaran dan satu minggu setelah lebaran. Harga akan naik berkisar 10% – 20% dari harga normal hari biasa.

Edy Wijayanto-Praktisi sapi potong Tapos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: