Sulitnya Menstabilkan Harga Daging Sapi

15 Agu

Satu minggu sudah Lebaran usai aktifitas kegiatan rutin kembali normal, namun harga daging sapi belum juga normal, Pemerintah mulai kebingungan bahkan saling melempar masalah antara Pemerintah, Bulog dan Dunia usaha. Lalu Apa saja yang yang menjadi penyebab sulitnya menstabilkan harga daging sapi ini, antara lain:

1. Importir sudah diberi kesempatan sebesar-besarnya untuk mengimpor daging sapi dan sapi siap potong, Namun harga masih tetap tinggi karena, konsumen sebagian besar lebih suka daging segar jika dibandingkan daging beku impor. Namun dicoba dengan sapi impor siap potong yang dipatok dengan harga Rp 30 rb/kg, ternyata ada resiko penyusutan bobot sapi sehingga harga jual importir di tingkat Rumah Pemotongan lebih tinggi dari harga yang dipatok pemerintah. Sekedar perbandingan, Importir bakalan sapi menjual kepada perusahaan Pengemukan (fitloter) diharga Rp 33.000/kg timbangan hidup.

Pemotongan Sapi Lokal di Rumah Pemotongan Hewan Tapos

Pemotongan Sapi Lokal di Rumah Pemotongan Hewan Tapos

2.  Terbatasnya Infrastuktur pemotongan (RPH)  untuk sapi impor siap potong di daerah-daerah, sehingga sapi impor siap potong hanya bisa dipotong dikota besar, belum bisa masuk ke daerah-daerah yang kekurangan  daging sapi.

3. Dua bulan lagi hari Idul Qurban tiba, permintaan sapi potong jantan akan mengalami kenaikan, sehingga para petani/peternak berusaha menahan sapinya sampai Idul qurban tiba, karena harga jualnya sapiqurban relatif lebih bagus juka dibandingkan dijual untuk sapi potong kebutuhan sehari-hari.

Edy Wijayanto-Praktisi sapipotong-Tapos

Satu Tanggapan to “Sulitnya Menstabilkan Harga Daging Sapi”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Mengapa Harga Sapi Qurban Selalu Naik | SAFARI TERNAK JUAL Hewan Qurban - Sapi - Kambing -Jakarta - 2013 - 2013/09/13

    […] Harga daging sapi dari tahun ketahun mengalami kenaikan berkisar 10%-20% tiap […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: