Kiat Memelihara Sapi Potong Yang Menguntungkan

17 Mar
sapi limosin berat 700 kg di kandang sapibagus Tapos

sapi limosin berat 700 kg di kandang sapibagus Tapos

Sebelum memelihara sapi potong harus tahu dahulu kemana sapi hasil peliharan nanti di jual, artinya waktu kapan yang paling tepat sapi dijual. Untuk Peternak yang skala pemeliharaan masih di bawah 500 ekor sapi, lebih baik memelihara sapi yang nantinya untuk dijual saat Idul Fitri atau Lebaran dan Saat Idul Qurban. Menapa demikian. Karena berdasarkan pengalaman saat lebaran dan Idul Qurban harga daging sapi dan sapi qurban mengalami kenaikan yang siknifikan dari hari hari biasa.

Saat lebaran jenis sapi yang paling dicari adalah, jenis sapi besar yang beratnya lebih dari 500 kg, karena di saat lebaran kebutuhan daging untuk rumah tangga dan pedagang bakso sangat besar, sedang untuk jeroannya kurang laku.

Saat Idul Qurban sapi-sapi ukuran kecil dan sedang yang beratnya berkisar 300 kg banyak dicari para jamaah masjid dan instansi yang akan menyumbangkan sapinya untuk qurban, karena disesuaikan dengan anggaran atau kantong jamaah, yang penting sapi tersebut jantan, sempurna alias tidak cacat  dan sudah cukup umur.

Edy Wijayanto-Praktisi Ternak Sapi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: