Pengaruh Sapi Import Dan Kestabilan Harga Daging Sapi

18 Mar
Saat penurunan sapi impor siap potong di Rumah Pemotongan Hewan

Saat penurunan sapi impor siap potong di Rumah Pemotongan Hewan

Pemerintah membuka lebar-lebar impor daging sapi dan bakalan sapi, tujuan utama adalah untuk menstabilkan harga daging lokal. Pemerintah sadar bahwa penyebab tingginya harga daging sapi adalah terbatasnya pasokan daging lokal akibat populasi sapi lokal yang terus menurun. Bagaimana pengaruh sapi impor terhadap kestabilan harga daging sapi, antara lain.

Daging dan sapi impor pasarnya jelas yaitu untuk konsumsu di Jabodetabek dan kota-kota besar di Jawa, Sumatera, Sedang sapi lokal untuk di daerah di Jawa dan Luar jawa yang mudah terjangkau distribusi dari daerah sentra sapi.

Kebijaksanaan Pemerintah tersebut sudah mulai kelihatan hasilnya, dimana Rumah Pemotongan Hewan di Jabodetabek dan Bandung sekitar 90% memotong sapi impor sedang sisanya sapi lokal. Ini terjadi karena, harga sapi impor lebih murah jika dibandingkan sapi lokal, sehingga pemasok sapi lokal untuk pasaran Jabodetabek dan Bandung mengurangi pasokan bahkan sebagian besar memberhentikan pasokannya.

Jadi dengan adanya kebijaksanaan impor ini menyebabkan perbedaan harga dagin sapi antara kota besar dan daerah relative kecil. Kesimpulannya adalah impor  daging dan bakalan sapi sangat menentukan naik turunnya  harga daging sapi di pasaran.

Edy Wijayanto-praktisi sapi potong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: